Pembangunan Garuda Wisnu Kencana Akan Selesai 2016

Friday, November 8, 2013




Pulau Bali merupakan salah satu ikon budaya Indonesia. Pulau Dewata ini menyimpan keindahan alam yang sudah sangat terkenal hingga ke mancanegara. Bahkan, masyarakat mancanegara lebih mengenal Bali daripada Indonesia. Padahal Bali sendiri merupakan bagian dari Indonesia. Salah satu tujuan pariwisata Bali yang unik adalah Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Taman ini terletak di kabupaten Badung, sekitar 40 kilometer dari ibukota Denpasar. Di taman wisata ini terdapat patung Garuda setinggi 12 meter dan patung raksasa Dewa Wisnu setinggi 75 meter dan lebar 60 meter yang masih belum rampung pengerjaannya. Patung ini terbuat dari campuran baja dan tembaga seberat 4000 ton. Fokus pengerjaan patung ini adalah patung dewa Wisnu yang duduk di atas patung Garuda. Rencananya, GWK akan dibangun setinggi 127 meter dan lebar 64 meter, melebihi tinggi patung Liberty di New York, Amerika Serikat yang memiliki tinggi 93 meter. 

Sebenarnya pembangunan ini sudah direncanakan sejak 20 tahun yang lalu. Baru setelah 16 tahun kemudian, pembangunan mulai dikerjakan lagi sejak Agustus 2013 lalu. Menurut penggagas dan pelaksana pembangungan patung GWK, Nyoman Nuarta, biaya tahap pertama kelanjutan pembangunan patung ini sebesar Rp450 miliar. Pengerjaan bagian-bagian tubuh patung Garuda dan Wisnu akan dilaksanakan di Bandung, namun ada juga yang akan dikerjakan langsung di kawasan GWK. Pihak pelaksana sudah menyiapkan sekitar 400 tronton untuk mengangkut patung tersebut dari Bandung menuju Bali. Pengerjaan patung ini juga didampingi oleh para ahli, dengan mempertimbangkan desain, penyesuaian estetika, konstruksi, serta pertimbangan angin dan gempa. Pihak yayasan GWK bekerja sama investor PT Garuda Adhimatra Indonesia (PT GAIN) untuk merampungkan megaproyek ini. Diperkirakan pembangunan patung GWK akan selesai dalam tiga tahun mendatang, yaitu tahun 2016. 

GWK diambil dari kosmologi Bali yang telah bersinergi dengan agama. Garuda Wisnu merupakan simbol harmoni Tuhan yang menjaga keseimbangan dalam kehidupan. Diharapkan saat pembangunan selesai, GWK akan menjadi ikon dunia dan landmark pariwisata Indonesia.


Copyright @ 2013 Jasa Artikel Murah Berkualitas . Designed by Templateism | MyBloggerLab
ans!!