Ini Dia 10 Penyebab Timbulnya Jerawat!

Friday, November 8, 2013



 Memiliki jerawat di wajah memang sangat menjengkelkan. Selain dapat mengganggu penampilan, jerawat juga meninggalkan bekas kehitaman yang sering membuat tidak percaya diri. Mungkin anda sudah mencoba segala cara untuk mengatasinya, entah itu ke klinik kecantikan maupun dengan berbagai macam obat jerawat namun jerawat anda tetap saja membandel dan selalu muncul di wajah anda. Tentunya hal itu sangat menjengkelkan dan bahkan membuat anda frustasi. 

Tenang. Anda bisa mencoba cara alami menghilangkan jerawat. Nah, sebelum anda mencobanya, ada baiknya anda mengetahui dulu penyebab timbulnya jerawat agar dapat mengatasinya dengan lebih efektif.

Apa Penyebab Timbulnya Jerawat?

Jerawat adalah suatu keadaan dimana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang kemudian meradang. Mungkin selama ini anda berpikir bahwa jerawat timbul karena kulit kotor. Tapi jika anda sudah rajin membersihkan kulit wajah anda dan tetap timbul jerawat, anda perlu mengecek lagi apa sebenarnya penyebab timbulnya jerawat di wajah anda. Ada beberapa faktor yang dapat memicu timbulnya jerawat, antara lain:

1. Kulit Berminyak
Mereka yang memiliki jenis kulit berminyak akan lebih beresiko untuk memiliki jerawat. Produksi kelenjar minyak yang berlebihan dapat menyebabkan penyumbatan pada pori-pori kulit. Sebum atau tumpukan minyak di kulit dapat berkolaborasi dengan bakateri yang menyebabkan timbulnya jerawat.

2. Aktivitas Hormon
Pada saat atau menjelang menstruasi, biasanya wanita akan mudah memiliki jerawat.

3. Sel-sel Kulit Mati
Jerawat dapat timbul karena kelenjar minyak yang tersumbat oleh sel-sel kulit mati. Ketika sel kulit mati bercampur dengan dengan sebum, maka dapat menyebabkan sumbatan pada pori-pori kulit yang menjadi bintik hitam atau putih.

4. Bakteri
Jika anda memiliki kebiasaan sering menyentuh wajah, sebaiknya dihindari, apalagi saat wajah sedang berjerawat. Bakteri yang biasa disebut p.acne akan mudah berkembang biak dalam kelenjar minyak yang tersumbat dan menghasilkan zat yang dapat menimbulkan iritasi di daerah sekitarnya.

5. Obat-obatan
Mengkonsumsi obat-obatan tertentu seperti kortikosteroid dapat mengakibatkan daya tahan tubuh menurun dan meningkatkan aktivitas bakteri patogen sehingga dapat memicu timbulnya jerawat.

6. Kosmetik
Penggunaan kosmetik yang tidak tepat dan yang mengandung banyak minyak, seperti penggunaan foundation yang menyatu dengan bedak dapat menyumbat pori-pori sehingga menimbulkan jerawat.

7. Faktor Keturunan
Jika keluarga anda memang bermasalah dengan jerawat, maka bukan tidak mungkin anda juga akan berjerawat.

8. Faktor Lingkungan
Adanya polusi dapat memicu timbulnya jerawat.

9. Faktor Makanan
Ada beberapa makanan yang dapat memicu timbulnya jerawat, seperti kacang-kacangan, telur, gorengan, kerang, udang, susu, dan makanan beku.

10. Gaya Hidup Yang Tidak Sehat
Pola hidup yang tidak sehat dapat memicu jerawat, seperti merokok, tidur yang tidak teratur, dan lain sebagainya.


cara alami menghilangkan jerawat dapat anda simak di postingan berikutnya. Semoga bermanfaat.


Copyright @ 2013 Jasa Artikel Murah Berkualitas . Designed by Templateism | MyBloggerLab
ans!!