Kapan Saat Tepat Ganti Lampu Mobil?

Friday, November 22, 2013



Lampu mobil merupakan alat penerangan yang wajib berada dalam kondisi maksimal.Lampu utama mobil, misalnya, berfungsi untuk menerangi jalan ketika berkendara, terutama pada malam hari.Lampu yang temaram tentunya dapat mengganggu pandangan anda dalam berkendara.Oleh karena itu, komponen mobil yang satu ini harus dicek dan dirawat secara rutin agar selalu berfungsi dengan baik. Namun demikian, lampu utama mobil tentu ada masanya. Jika sering digunakan, maka lama-lama sinarnya akan meredup bahkan tak mampu bersinar lagi alias mati. Kalau sudah begini, ini saatnya anda mengganti lampu utama mobil anda dengan yang baru.

Mengganti lampu utama mobil sebenarnya bisadilakukan sendiri tanpa harus pergi ke bengkel. Namun menggantinya juga tidak boleh sembarangan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kualitas lampu mobil tidak menurun. Lalu apa saja yang perlu diperhatikan saat mengganti lampu utama mobil? Salah satunya, anda harus memperhatikan kekuatan atau daya lampu tersebut. Lampu standar memiliki range 55/60 watt. Biasanya lampu standar terasa kurang terang, sehingga perlu diganti dengan jenis lampu yang daya-nya lebih besar agar nyalanya lebih terang. Memang, lampu dengan daya besar akan menyala terang, tapi dapat berdampak buruk juga, karena dapat melelehkan reflector yang berbahan plastic. Oleh karena itu, sebaiknya untuk mengganti lampu utama mobil, pilihlah lampu yang tidak terlalu besar watt-nya.

Untuk mengganti lampu utama mobil, pertama-tama anda harus mencopot cover karet sebagai sil soket lampu, kemudian baru melepaskan bohlam dari tempatnya. Perhatikan bohlam lampu tersebut apakah benar-benar putus atau tidak. Jika memang putus biasanya akan tampak gelap dan filamennya terputus.  Setelah bohlam dilepaskan, anda bisa menyemprotkan contact cleaner atau penetran terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar korosi di soket menjadi bersih. Langkah terakhir adalah memasang bohlam yang baru, letakkan lampu dan soketnya pada dudukannya kembali. Bagaimana, cukup mudah, kan mengganti lampu mobil? 



Copyright @ 2013 Jasa Artikel Murah Berkualitas . Designed by Templateism | MyBloggerLab
ans!!